Konfigurasi PABX NEC 2000

matworx.jpg

Dikarenakan aku sering lupa dan mencatat disembarang kertas yang entah kadang-kadang sering hilang catatan tersebut dan aku coba agar mudah dicari makanya aku tulis di Blog ini semoga aja ada manfaat bagi diriku sendiri maupun yang membacanya.
Konfigurasi PABX Nec 2000 ini dapat dilakukan dengan 2 cara bisa dengan menggunakan program tapi disini aku hanya membahas yang menggunakan command melalui telepon digital.
Sebelum Menuju ke Command – Command ada baiknya kita mengetahui fungsi penggunaan masing-masing tombol telepon digital pada command PABX :

A. FUNGSI TOMBOL UNTUK PROGRAM
• Tombol Recall : untuk memasukan data berikutnya atau melihat data berikutnya
• Tombol Conf : untuk menyimpan data ( Execution )
• Tombol Speker : untuk naik data berikutnya
• Tombol Answer : untuk kembali ke COMMAND semula
• Tombol Transfer : untuk Koma ( , )
• Tombol Feuture : untuk turun data sebelumnya
• Tombol Hold : untuk menghapus satu huruf terakhir

B. CARA MEMBUKA PROGRAM DI PESAWAT DIGITAL TERMINAL 75 Series
• Tekan tombol Transfer
• Tekan tombol Conf
• Tekan tombol *
• Tekan tombol Transfer
• Tekan tombol Conf
• Tekan tombol # ( tampilan display : CAD MODE )
• Tekan tombol Redial ( tampilan display : COMMAND )

C. Mengaktifkan CO
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan E51 Recall ( tampilan display E51 > )
• Tekan No CO yang mau diaktifkan (>E51>001>1)
• Isikan 1= Aktif 0=Nonaktif

D. Setting Timer Pada Extention Telepon
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan 1261 Recall ( tampilan display 1261 > )
• Masukan No Extentionnya (>1261>1000>0)
• Isikan 0= Timer 3=NoTimer

E. CARA PROGRAM UNTUK MELIHAT DAN MERUBAH CLASS SERVICE ( CM 12 )
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan 1201 Recall ( tampilan display 1201 > )
• Tekan No. Extention Recall ( dilayar tertulis 1201>No.Extention : XX )
• Masukan XX
– Jika SLI: XX adalah 11
– Jika SLJJ: XX adalah 22
– Jika Local: XX adalah 44
– Jika SD: XX adalah 55
– Jika Intercom: XX adalah 66

F. Mengisi CO Pada Extention Digital
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan 9000 Recall ( tampilan display 9000 > )
• Masukan No Extention,No CO (>9000>1000>001)

G. Menyimpan Semua Settingan PABX
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan EC6 Recall ( tampilan display EC6 > )
• Masukan 0 Kemudian (>EC6>0>3>0)

H. CARA PROGRAM CALL PICKUP GROUP ( CM 160 )
• Lakukan cara B ( tampilan display : COMMAND )
• Tekan 160 Recall ( tampilan display 160 > )
• Tekan nomor extention pertama ( tampilan display 160 > XXXX : NONE )
• Tekan nomor extention kedua ( tampilan display 160 > XXXX : XXXX )
• Tekan Conf untuk SAVE ( tampilan display OK )
Contoh : Extention 100,101,103,104,105 adalah satu group
-160> 100 : 101
-160> 101 : 102
-160> 102 : 103
-160> 104 : 105
-160> 105 : 100
Cara melihat Groub Call Pick Up
– Lakukan cara B ( tampilan pada layar : COMMAND )
– Tekan 163 Recall ( tampilan pada layar 163> )
– Tekan 1 extention dalam group Recall ( tampilan pada layar 163 > Ext >Ext
– Tekan Recall untuk melihat extention berikutnya

Cukup dulu ni.. tulisannya udah capek ngetiknya kalo ada yang salah mohon saran dan kritiknya….

24 responses to “Konfigurasi PABX NEC 2000

  1. saya kesulitan dalam program pabx nec ak 308,mohon yang tahu bagi-bagi info nya

  2. saya kesulitan buka program nec yang telah di password,tapi lupa passwornya.mohon yang tau bagi-bagi infonya yaa.

  3. Mas Latief
    Untuk PABX Panasonic mungkin kita bisa sharing
    Dan untuk PABX NEC saya pengen belajar.
    Thanks

  4. AKU KESULITAN DALAM MEREKAM SUARA DIDALAM PROGRAMNYA

  5. @HARIONO
    Mas hariono setahu saya kalo untuk Pabx Nec2000 gak bisa rekam Suara akan tetapi untuk nada tunggunya biasa menggunakan CD audio atau komputer.. .

    • kebetulan mas, saya ada kesulitan untuk input audio dari cd ke pabx, line audionya harus di konek ke mana ya? Trmksh sblmnya

  6. Mas Latif
    Boleh minta software MATWORK nya ?
    Kalau boleh by mail > akunengkene@gmail.com
    Saya tertarik mempelajarinya dengan sedikit basic PABX Panasonic.

    Terima kasih sebelumnya

  7. mas, gimana kalau mau setting line incoming terus ke ext lain masa o`pter tiada? (guna CAT MODE).

  8. mas bagaimana cara program nec neax 7400 ics m100 mx pakai matworx32

  9. Kalau Buntuh bantuan Jasa Program PABX NEC,PANASONIC,NITSUKO,NEC ASPILA,YOSIN,BILLING SYSTEM…silakan HUB saya : WAHYU di email wahyu0676@yahoo.co.id atau VIA telp 085216068401.

  10. Kalau Anda butuh bantuan setting PABX NEC Type Apa saja, panasonic type apa saja, Nitsuko, NEc Aspila, Billing System , Auto Attandant PC dan Non PC , Rekam Pembicaraan ( Voice Logger ) silakan Hub saya Wahyu via email ( wahyu0676@yahoo.co.id ) atau telp 085216068401 terima kasih

  11. boleh minta sofware untuk matworxnya
    tolong dikirim ke email saya/
    san_nul_19@plasa.com

  12. salam mas,
    Mohon bantuannya mas,PABX Panasonic normal hanya untuk speed diall ke operator gsm suaranya pelan,sudah ganti telpon tapi hasil sama,apakah usia dan jarak line (kabel) berpengaruh?klo ya,rumus hitungnya gmn?trims. smg tambah sukses…

  13. ad yang bisa bantu ga saya mau belajar sintax” buat PABX .

    kalo bisa tolong kirim ke bonny_uchiha@yahoo.co.id

  14. Karel santral servisi…
    Karel electronics pabx system and technical service on turkey…

  15. DH
    Bgm membuat user berikut service class di neac ip 2000? . Dan fitur – fitur yang ada pd pabx tsb.
    Tq

  16. saya mencari regulator Pabx Nec 3.4 L.IP2 Ap.308 mksu rusak karena kemasukan cicak mau cari spare partnya susah dari kota jambi kalo blh tau harganya skalia gt ada ic nya meledak ztx 751

  17. mas..kalw PABX panasinic gemana buka command nya

  18. saya kesulitan mencari buku petunjuk dan program pabx NEC Type 924 M,
    memang pertama kali pasang PABX ini,dan kebetulan PABXnya dikirim tanpa buku apapun….mungkin ada rekan-rekan yang bisa membantu saya
    memberikan cara program atau petunjuk-petunjuk lain…terimakasih ya

  19. mas…klo mau program car call dr PABX gimana ya??? thx

  20. kalau nec 2400 gmn cara settingx bos….

  21. ass.mas Latif saya numpang promo , bagi pemakai (end user ) PABX NEC / NEAX type, SDS , IMS,ICS ,IMX terutama yang gede gede untuk bantuan gratis ,setting maupun programming by phone silahkan hub saya , katanya kalo ilmu ga dipake atw dibagi 2 makin abis , kalo boleh nanti saya kasih no hp nya dan info lebih lengkap.tks

  22. ass.bagi rekan2 pemakai/end user pabx nec / neax type sds,ims,ics,imx ,ipx ,bila perlu bantuan gratis untuk setting maupun programming by phone, terutama pabx type gede silahkan hubungi saya di 085770759698 ,jam kerja senin/jumat jam 10 s/d 15.00 , soalnya kalo hari libur tidak siap diganggu , dan kalo ga langsung dijawab mohon maaf mungkin saya lagi sibuk , buat Mas Latief salam kenal dari saya , saya juga ingin berbagi ilmu , kalo pabx nec type yang baru baru saya belum tau banyak.tks

Leave a Reply

